Senin, 15 September 2008

Bunga Keris Papua Bisa Bunyi Malam Hari

Sabtu, 05 April 2008 - 03:53 AM

Biak, Bunga keris khas Papua milik ibu Dolly Kurni, warga Kampung Yafdas, Distrik Samofa,Kabupaten Biak Numfor,Papua, dalam sebulan terakhir ini mengeluarkan bunyi suara yang unik pada malam hari.

Dari Biak, Rabu dillaporkan, bunga keladi khas Papua, yang daunnya menyerupai keris, milik ibu Kurni pada setiap hari antara pukul 19.30 WIT hingga pukul 23.00 WIT mengeluarkan suara dan tetesan air bening.

"Saya juga heran ada suara unik yang muncul di bunga keris Papua miliknya setiap malam pada jam-jam tertentu,"ungkap ibu Kurni .

Ia mengatakan, bunga keris khas Papua yang diperolehnya dari keluarga Jalan Dolog Biak awalnya hanya untuk dikoleksi dijadikan bunga hiasan di dalam rumah. Sejak dirinya memelihara dan merawat bunga keris Papua di rumah, menurut istri Nico Sroyer, setiap malam pada jam-jam tertentu terdengar suara yang unik dari bunga itu.

"Saya tak tahu fenomena apa di balik munculnya suara pada bunga keris Papua ini, dan wartawan sendiri pun bisa langsung mendengarnya," ujar Kurni Selasa (1/4) malam.


Bunga keris Papua yang belakangan semakin diminati banyak warga Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua selain dijadikan koleksi bunga juga diperjualbelikan oleh warga masyarakat asli Papua.

Kegiatan penjualan bunga Keris Papua dapat dijumpai pada beberapa lokasi di Biak, seperti kawasan Hadi supermarket, di pinggiran jalan menuju pelabuhan, serta sejumlah tempat strategis lainnya.

"Bunga Keris khas Papua tumbuhnya tak sembarangan tempat, hanya tumbuh di hutan tertentu di Papua. Untuk mendapatkan bunga inipun sangat sulit,"katanya.

(sumber: kompas)

1 komentar:

dianheri mengatakan...

Saya punya Keris Papua, tapi belum perhatikan ada bunyi yang keluar...
Seperti apa kira-kira bunyinya?
Tks..